Minggu, 13 November 2011

Jilbab Bagi Kesehatan


Bicara tentang kesehatan, tentunya muslimah harus mempunyai tips dan trik khusus untuk menjaga kesehatanya, karena struktur, kekuatan, ketahanan, fisik maupun mental antara laki-laki dan perempuan berbeda, maka Allah telah mengatur tata cara muslimah untuk berpenampilan dan selalu menjaga kesehatannya. Contohnya : Allah telah mewajibkan kita kaum muslimah untuk memakai hijab atau jilbab, seperti firman Allah pada surat Al Ahzab ayat 33 :
“Hai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin: "Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka." Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”
Selain itu jilbab juga berfungsi untuk kesehatan lho, terutama mencegah munculnya penyakit dan kelainan pada kulit yang disebabkan oleh sinar matahari, Sinar matahari dapat menimbulkan berbagai kelainan kulit, seperti sunburn (kulit merah-merah), solar keratosissolar urticariaphotosensitivity, dan kanker kulit.
Untuk itu jilbab berguna untuk menutupi kulit untuk meminimalkan sapuan sinar matahari di kulit. Apalagi, sekarang lapisan ozon semakin menipis akibat pemanasan global.
Kondisi itu menyebabkan sinar ultraviolet memiliki potensi lebih besar untuk mengenai kulit secara langsung tanpa disaring terlebih dulu oleh lapisan ozon.
Dibanding laki-laki, kandungan melanin dalam tubuh perempuan lebih sedikit, karena itu, tubuh perempuan lebih perlu dilindungi dari sengatan matahari, pembuktian tersebut bahkan tak hanya terdapat dalam Alquran, tapi juga dibuktikan oleh penelitian seorang pakar dermatologi asal Australia.
                Ketika ditemukan penyakit kanker kulit pada perempuan yang sangat membahayakan, obat yang mereka resepkan justru jilbab karena menutup semua area kulit, kecuali telapak tangan serta wajah. Hanya muka dan telapak tangan. Dua area itu sudah cukup untuk membuat zat-zat bermanfaat dalam sinar matahari masuk pada tubuh kita. Tidak sulit bukan?
Berjilbab juga bisa melindungi para muslimah dari berbagai pelecehan seksual. Saat ini kasus kekerasan dan pelecehan seksual di kalangan remaja cukup memprihatinkan.
Data dari seorang mahasiswi menunjukkan, pada remaja berusia 12-21 tahun telah terjadi 137 kasus kekerasan dalam pacaran, 44 kasus pelecehan seksual, dan 78 kasus pemerkosaan.
Selain itu, berdasarkan data konseling PKBI Daerah Istimewa Yogyakarta pada 2007, angka kehamilan tidak diinginkan pada usia SMP sampai perguruan tinggi mencapai 430 kasus.
Berdasarkan data memprihatinkan tersebut, Muslimah diharapkan memakai jilbab agar terhindar dari berbagai pelecehan seksual. Bahkan, mereka akan dihargai oleh orang-orang di lingkungannya.
Kaum Muslimah jangan takut berjilbab. Berjilbab tidak akan menghambat aktivitas, apalagi pada zaman sekarang, di mana kaum muslimah diberikan kebebasan memakai jilbab. Segala yang diperintah Allah kepada kita semua demi keuntungan diri sendiri. Jika kita tahu manfaat setiap perintah, kita tahu betapa sayangnya Allah kepada kita. Termasuk berjilbab,
 “Hai anak Adam, sesungguhnya Kami telah menurunkan kepadamu pakaian untuk menutup auratmu dan pakaian indah untuk perhiasan. Dan pakaian takwa itulah yang paling baik. Yang demikian itu adalah sebahagian dari tanda-tanda kekuasaan Allah, mudah-mudahan mereka selalu ingat.”  QS. Al- A’raaf : 26.
Jadi, apa yang menghalangi anda berjilbab, wahai saudariku?
Wallahu a'lam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar